Jumat, 16 Maret 2012

Taman Laut Raja Ampat

Taman Laut Raja Ampat adalah kawasan wisata bagi penyelam.
Raja Ampat sebagai salah satu dari  sepuluh tempat populer untuk menyelam sementara itu menjadi nomor satu dalam hal keanekaragaman hayati bawah laut.
Menurut Conservation International, survei kelautan menunjukkan bahwa keragaman kehidupan laut di kawasan Raja Ampat merupakan yang tertinggi tercatat di Bumi.
Segitiga Karang adalah pusat keragaman terumbu karang dunia, membuat Raja Ampat mempunyai ekosistem terumbu karang terkaya di dunia.
Koloni karang besar-besaran di daerah itu dengan suhu laut yang relatif tinggi permukaan, juga menunjukkan bahwa terumbu yang mungkin relatif tahan terhadap ancaman seperti pemutihan karang dan penyakit karang, yang kini sangat membahayakan kelangsungan hidup ekosistem karang lainnya di seluruh dunia. Raja Ampat pulau terpencil dan relatif tidak terganggu oleh manusia.
 
Keragaman laut tinggi di Raja Ampat sangat dipengaruhi oleh posisinya antara India dan Samudra Pasifik, karang dan larva ikan lebih mudah berbagi antara dua lautan. Keanekaragaman karang Raja Ampat, ketahanan, dan peran sebagai sumber penyebaran larva membuatnya menjadi prioritas utama untuk dilindungi.Di laut ini tercatat ada 1.309 spesies ikan, dan 537 jenis karang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar